Sabtu, 07 April 2012

Honda Luncurkan Brio Sebelum September

akarta - Produsen mobil Honda memastikan diri akan merakit Honda Brio di Indonesia. Untuk itu, mobil kecil ini dipastikan akan segera dijual ke pasar mobil nasional. Kemungkinan sebelum bulan September 2012 mobil ini sudah akan ada di showroom Honda.

Namun untuk permulaan, Honda Brio yang akan dijual di Indonesia adalah Honda Brio rakitan pabrik Honda di Thailand, karena Honda sendiri baru akan memulai produksi Honda Brio di Indonesia pada tahun 2013 mendatang.

"Diusahakan sebelum motor show (Indonesia International Motor Show yang akan digelar bulan September 2012)," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Lebih lanjut, Jonfis menjelaskan kalau untuk tahap awal Honda Brio yang akan mereka jual itu merupakan Honda Brio rakitan Thailand.

"Untuk tahap awal kita minta 2.000 unit dulu, baru pas 2013 kita mulai produksi di pabrik lama (di Karawang), jumlahnya berapa, itu nanti salah satunya tergantung dari reaksi pasar," papar Jonfis.

Produksi Honda Brio di pabrik lama Honda tersebut menurut Jonfis dilakukan sambil menunggu pembangunan pabrik baru Honda yang memang dibuat untuk mobil-mobil model baru seperti Brio.

Fasilitas produksi baru yang dipersiapkan untuk menyongsong pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia itu sendiri berada di belakang pabrik lama Honda yang terletak di kawasan Industrti Mitrakarawang, Desa Parungmulya, Jawa Barat.

Dan bila pabrik lama Honda hanya memiliki kapasitas produksi sebesar 60.000 mobil saja per tahunnya, pabrik baru nanti dirancang untuk memproduksi mobil dua kali lipat lebih besar dari pabrik lama yakni hingga 120.000 untuk menjadikan total produksi mobil Honda di Indonesia menjadi sebesar 180.000 mobil per tahunnya.

"Yang pasti dengan kita produksi disini kita punya keleluasaan ngatur speknya," tandasnya.

Honda Brio sendiri adalah sebuah city car Honda yang menggendong mesin 3 silinder hasil turunan dari mesin empat silinder berkapasitas 1.2 liter yang saat ini digendong Jazz.'

Konsumsi bensin Honda Brio tercatat mampu menjangkau jarak 100 km dengan konsumsi BBM 5 liter atau 20 km/liter, kurang sedikit dari permintaan pemerintah di angka 22 km/liter.

Untuk masalah harga, di Thailand, mobil kecil ini dibanderol 400.000 baht atau sekitar Rp 120 juta. Bagaimana dengan harga Honda Brio di Indonesia? "Kalau urusan itu, nanti saja kita umumkan," elaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar